Penghargaan atau Imbal Jasa

Recognition (pengakuan) bukan pilihan lagi…

99,4% pegawai mengharapkan pengakuan saat mereka melakukan pekerjaan dengan baik

Kesempatan karir
Sifat pekerjaan
Tingkat stress pekerjaan
Budaya perusahaan
Penghasilan dasar
Tingkat stabilitas pekerjaan
Kesempatan promosi
Manfaat kesehatan
Tingkat Kepercayaan pada Mgmt. S.
Reputusi perusahaan
Jarak kuasa
Keseimbangan kerja dan “hidup”

Pengakuan dan Penghargaan adalah perjalanan, tidak hanya tujuan akhir. Bagaimana Anda memberikan lebih pengakuan dengan keterbatasan uang?

Pegawai mungkin tidak tahu atau mungkin tidak akan memberitahu anda …

… apa yang sesungguhnya mereka inginkan, atau apa yang membuat mereka lebih terikat atau komitmen.
Benchmarking 2009

Secara umum tujuannya adalah untuk membantu perusahaan mencapai tujuan keberhasilan strategi perusahaan dan menjamin terciptanya keadilan internal dan eksternal.

MANFAAT

Memperoleh SDM yang berkualitas
Mempertahankan karyawan yang ada
Menjamin keadilan
Penghargaan terhadap perilaku yang diinginkan
Mengendalikan biaya
Mengikuti aturan hukum
Memfasilitasi pengertian
Meningkatkan efisiensi administrasi

Definisi Imbal Jasa (Rewards) :

Semua balas jasa baik berbentuk uang, barang langsung, atau tidak langsung yang diberikan kepada para pegawai atas kontribusi pegawai dalam mencapai tujuan atau sasaran organisasi.


Tujuan Imbal Jasa

Komponen Kompensasi secara umum

Gaji
Balas jasa dalam bentuk uang yang diterima karyawan sebagai konsekuensi dari kedudukannya sebagai seorang karyawan yang memberikan sumbangan tenaga dan pikiran dalam mencapai tujuan perusahaan.  bayaran tetap.

Upah
imbalan finansial langsung yang dibayarkan kepada karyawan berdasarkan jam kerja, jumlah barang yang dihasilkan, atau banyaknya pelayanan yang diberikan.  berubah-ubah tergantung dari keluaran yang dihasilkan

Insentif
imbalan langsung yang dibayarkan kepada karyawan karena kinerjanya melebihi standar yang ditentukan.

Tahapan Menetapkan Kompensasi

1.Evaluasi Pekerjaan  untuk menjamin keadilan internal
2.Survey upah dan gaji  untuk mementukan keadilan eksternal
3.Menilai harga setiap pekerjaan untuk menentukan pembayaran upah yang didasarkan pada keadilan internal dan eksternal.

Tujuan Pemberian Reward :

Ikatan kerja sama  menjadil ikatan kerja sama yang kuat antara pegawai dan perusahaan.
Kepuasan kerja  menghargai pekerjaan pegawai, memenuhi kebutuhan pegawai secara fisik dan psikologis sehingga kepuasan pegawai dalam bekerja dapat terjadi sehingga mampu meningkatkan kontribusi perusahaan.
Pengadaan efektif  melalui paket rewards khusus mampu mendapatkan pegawai dengan kompetensi yang dibutuhkan perusahaan.
Motivasi
Stabilitas pegawai
Disiplin
Meminimalisasi protes serikat buruh
Meminimalisasi intervensi pemerintah

Leave a comment