My Life Ink

Kerja Keras…Kerja Cerdas…Kerja Ikhlas…

PENGADAAN BARANG/JASA

Acuan Menggunakan Pedoman Pengadaan Barang/Jasa :

1)  Dana  APLN    -> SK DIR 305/2010 dan perubahannya

2)Dana  APBN    ->PERPRES 54/2010 ++

3)Dana Loan: Jica, IBRD, ADB, dlsb  ->Guident Lines
4)Dana Loan  (G to G): China   ->PERPRES 54/2010 ++
5)Dana Kredit Export  ->PERPRES 54/2010 ++
6)Dana Gabungan KE + APLN  -> PERPRES 54/2010 ++

KETENTUAN-KETENTUAN TATA CARA PENGADAAN BARANG/JASA – APLN

  1. Persiapan PBJ
  2. Kualifikasi Penyedia B/J
  3. Dokumen Pengadaan / RKS
  4. Dokumen Penawaran
  5. Jaminan Pengadaan
  6. Harga Perkiraan Sendiri (HPS)
  7. Pemilihan Metode Pengadaan Barang ,  Jasa Kontruksi dan Jasa Lainnya
  8. Pemilihan Metode Pengadaan Jasa Konsultansi
  9. Pemilihan Metode Penyampaian Penawaran
  10. Pemilihan Sistem Evaluasi
  11. Penetapan Pemenang
  12. Sanggahan
  13. Pengadaan gagal dan ulang

KONSEP DASAR PELAKSANAAN PB/J   

1. Efektif dan efisien bagi Pengguna

Dimaksudkan Pengguna mampu mendapatkan barang/jasa yang berkualitas dan berfungsi sesuai dengan kebutuhan dengan harga yang kompetitif.

2.    Transparan, terbuka dan adil bagi Pelaku Usaha

Panitia Pengadaan memberikan perlakukan yang sama untuk dipersaingkan secara sehat.

3.   Dapat dipertanggungjawabkan kepada stakeholder terhadap kualitas, waktu penyerahan , harga dan manfaat barang/jasa  hasil proses pengadaan.

 

PARA PIHAK YANG TERKAIT DENGA PELELANGAN

1).   PENGGUNA

Pengguna adalah Direksi atau Pejabat satu tingkat dibawah Direksi atau GM atau Pejabat yang diberi kuasa yang bertanggung jawab  atas pelaksanaan pengadaan barang/jasa di lingkungan kerja PLN.

2).   PANITIA PENGADAAN

Panitia Pengadaan adalah beberapa orang pegawai berjumlah ganjil yang diangkat oleh Pengguna Barang/Jasa untuk melakukan proses pelelangan, pemilihan langsung dan penunjukan langsung.

3).   PEJABAT PENGADAAN

Pejabat Pengadaan adalah satu orang pejabat yang diangkat oleh Pengguna Barang/Jasa untuk melakukan proses pembelian langsung untuk barang atau dengan penunjukan langsung untuk jasa.

4).   DIREKSI PEKERJAAN

Direksi Pekerjaan adalah wakil Pengguna, untuk mengendalikan pelaksanaan pekerjaan.

 

 

Persyaratan Menjadi Panitia PBJ

1)Syarat menjadi Pejabat / Panitia PBJ
      (1)Memiliki integritas, disiplin dan bertanggungjawab melaksanakan tugas
      (2)Memahami keseluruhan pekerjaan yang dilelangkan
      (3)Memiliki sertifikat keahlian Pengadaan B/J
      (4)Tidak merangkap sebagai Pemeriksa Barang atau Penerima barang.

2)   Dilarang menjadi Pejabat/Panitia PBJ adalah:

(1)   Pengguna

(2)   Auditor

(3)   Pejabat/Staf yang sifat tugasnya menimbulkan  benturan kepentingan.

 

 

KUALIFIKASI PANITIA / PEJABAT PENGADAAN

1)Pekerjaan Apa yang akan dilelangkan
2)Siapa atau Perusahaan seperti apa yang mampu melaksanakan pekerjaan yang akan dilelangkan
3)Bagaimana cara memilih penawaran Penyedia Jasa
4)Berapa harga yang wajar , yang dapat dipertanggungjawabkan untuk melaksanakan pekerjaan yang dilelangkan.
Masa Tugas  Pejabat / Panitia Pengadaan Barang / Jasa

Masa tugas Pejabat / Panitia Pengadaan Barang/Jasa, terhitung sejak diterbitkan surat penugasan sampai diterbitkannya Surat Penunjukan sebagai Penyedia Barang/Jasa oleh Pengguna, atau sesuai dengan masa penugasannya.

 

 

TUGAS POKOK PENGGUNA

1.   Sebelum Pelelangan

1.1  Memetapkan kriteria / spesifikasi  / out put barang/jasa yang akan dilelangkan

1.2  Menetapkan Waktu penggunaan barang/jasa (CoD)

1.3  Menyiapkan dan menetapkan pagu anggaran

1.4  Menandatangani pakta Integritas

1.5  Mengangkat Panitia / Pejabat Pengadaan

2.  Pada Saat Persiapan Pelelangan

2.1  Mengesahkan  Dokumen PQ yang diusulkan  Panitia Lelang

2.2  Mengesahkan  RKS / KAK yang diusulkan Panitia Lelang

2.3  Mengesahkan  HPS yang diusulkan Panitia Lelang

3.  Pada Proses Awal Pelelangan

3.1  Menyetujui  daftar calon peserta lelang / sort-list  hasil  PQ

3.2  Jika ada sanggahan hasil PQ, menjawab sanggahan.

4.  Pada Proses Akhir Pelelangan

4.1  Menetapkan pemenang seleksi

4.2  Jika ada sanggahan hasil  lelang, menjawab sangahan

5.  Setelah Pelelangan

5.1  Menerbitkan surat Penunjukank Pemenang lelang

5.2  Melakukan CDA

5.3  Menandatangani kontrak

6.  Setelah Menandatangani  Kontrak

6.1   Menunjuk  Direksi Pekerjaan

6.2   Menandatangani  serah terima hasil akhir  kontrak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kalender

December 2016
M T W T F S S
« Sep    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d bloggers like this: