My Life Ink

Kerja Keras…Kerja Cerdas…Kerja Ikhlas…

PLN Tetapkan Standardisasi Meter Prabayar

(Jakarta) Sejalan dengan komitmen PLN untuk terus mempromosikan penggunaan Listrik Prabayar (LPB) kepada pelanggannya, sekaligus untuk memberikan kepastian atas kenyamanan dan kemudahan dalam penggunaan LPB, PLN telah menetapkan standar spesifikasi kWh meter prabayar. Dengan standarisasi ini maka nantinya semua meter listrik prabayar, siapapun pabrikannya akan memiliki fitur yang sama.

Standarisasi meter prabayar yang tertuang dalam Standard PLN (SPLN) untuk meter prabayar tersebut mengatur standar meter statik energi aktif fase tunggal prabayar dengan sistem Standard Transfer Specification (STS).  Standar ini nantinya akan menjadi panduan bagi pabrikan meter prabayar yang memasok hasil produksinya untuk memenuhi kebutuhan PLN. SPLN meter prabayar disusun dengan merujuk pada standar International yang berlaku dalam industri meter prabayar, namun demikian tetap dirancang dengan menyesuaikan (customize) pada kebutuhan-kebutuhan PLN,  baik dalam kelengkapan fitur-fiturnya, keamanan dan kemudahannya bagi pelanggan.

Dengan menggunakan meter LPB lewat fitur yang tersedia, pelanggan dapat langsung mengetahui sendiri berapa besar penggunaan listrik setiap harinya Sebelumnya, pihak PLN juga telah meminta sejumlah produsen meter LPB untuk memberikan tanggapannya terhadap draft SPLN tersebut. Hasilnya, para pelaku usaha tadi memberikan dukungan penuh atas terbitnya SPLN Meter Prabayar yang justru akan sangat membantu mereka dalam memproduksi meter LPB  sesuai dengan kebutuhan PLN. Di lain pihak, PLN mengharapkan adanya dukungan dari Pemerintah melalui instansi yang berwenang, untuk dapat segera mempercepat proses sertifikasi terhadap meter LPB produksi lokal. Untuk itu, PLN akan berbicara kepada Pemerintah dan Asosiasi agar proses sertifikasi meter LPB produk lokal ini dapat lebih dipercepat. Diharapkan dengan adanya SPLN ini, pabrikan dapat memproduksi meter LPB yang terjaga dengan baik kualitasnya sehingga dapat memberikan rasa aman, kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan LPB.

Untuk tahun 2011 ini, PLN mentargetkan tambahan pelanggan prabayar sebesar dua juta pelanggan, baik itu pelanggan baru maupun yang migrasi dari pelanggan pasca bayar. Selain itu, PLN juga terus melakukan ekspansi pelayanan LPB hingga bisa dinikmati oleh pelanggan di seluruh Indonesia.  Saat ini, selain di Jawa dan Bali, layanan LPB sudah dapat di dinikmati pelanggan PLN di sejumlah daerah di luar Pulau Jawa, seperti Lampung, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur dan Sumatra Barat. Berikutnya akan menyusul daerah-daerah lainnya.

Sebagai produk unggulan masa depan, LPB banyak memberikan keuntungan bagi pelanggannya. Diantaranya, pelanggan dapat mengendalikan sendiri penggunaan listriknya sesuai kebutuhan dan kemampuan, sekaligus dapat mengubah perilaku (habit) pelanggan menjadi lebih peduli pada listrik dan mengembangkan perilaku hemat listrik. Pelanggan juga terbebas dari adanya pembacaan meter, bebas dari denda keterlambatan akibat telat membayar listrik dan berbagai keuntungan lainnya. Bagi PLN sendiri, layanan LPB memberikan kontribusi yang berarti bagi langkah-langkah efisiensi karena proses bisnis LPB menjadi sangat sederhana***)

 

———— 000 ————-

Contact Person :
Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
Telp    : (021)7251234, 7261122 ext. 1251

E-mail : bambang.dwiyanto@pln.co.id

One comment on “PLN Tetapkan Standardisasi Meter Prabayar

  1. hagolapon
    April 30, 2012

    mantap infonya Pak,,, bisa share gak pak, spesifikasi teknisnya kWh Meter Prabayar tersebut? yang sesuai standar PLN pastinya pak,,,, trims….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kalender

December 2016
M T W T F S S
« Sep    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d bloggers like this: